Wednesday 24 January 2018

ayat tentang ilmu pengetahuan

MAKALAH
AYAT-AYAT TENTANG ILMU PENGETAHUAN
Disusun untuk memenuhi mata kuliah Tafsir Tarbawi
Dosen pembimbing : H. Mawardi Abdullah, Lc., MA,

 











Disusun oleh : kelompok 07
MOH IQBAL ABDULLAH KAFI              084131125
NURISH SHOBAHUL KHOIRI                 084131098
IMAM SYAHRONI                                      084131124
AHMAD ARDIYANTO                               084131130
                                                                                                   
FAKULTAS TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER
NOVEMBER 2014

BAB I
PEMBAHASAN
  1. MUNASABAH
Surat At Tiin menerangkan kedudukan manusia dan keadilan Allah s.w.t.
HUBUNGAN SURAT AT TIIN DENGAN SURAT AL 'ALAQ
  1. Surat At Tiin menerangkan bentuk kejadian manusia dan surat Al 'Alaq menerangkan bahwa manusia dijadikan pada permulaannya dari segumpal darah.
  2. Pada surat Al 'Alaq dijelaskan lagi beberapa sifat-sifat manusia yang menjadikan mereka hina dan sengsara, dan sifat-sifat manusia yang menjadikan mereka berbahagia.
Surat Al 'Alaq terdiri atas 19 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah. Ayat 1 sampai dengan 5 dari surat ini adalah ayat-ayat Al Quran yang pertama sekali diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad s.a.w. berkhalwat di gua Hira'. Surat ini dinamai Al 'Alaq (segumpal darah), diambil dari perkataan Alaq yang terdapat pada ayat 2 surat ini. Surat ini dinamai juga dengan Iqra atau Al Qalam.
Pokok-pokok isinya:
Perintah memba Al Quran; manusia dijadikan dari segumpal darah; Allah menjadikan kalam sebagai alat mengembangkan pengetahuan; manusia bertindak melampaui batas karena merasa dirinya serba cukup; ancaman Allah terhadap orang-orang kafir yang menghalang-halangi kaum muslimin melaksanakan perintah-Nya.
  1. AYAT SURAT AL-ALAQ AYAT 1-5
1.       اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
2.       خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
3.       اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ
4.       الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
5.       عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
  1. TERJEMAH
1.      Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
2.      Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.      Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4.      Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5.      Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

  1. MUFRADHAT
Arti
Lafadz
Arti
Lafadz
Maha Pemurah
الأكرم
Bacalah
اقرأ
Yang telah mengajarkan
علم
Dengan menyebut nama Tuhanmu
باسم ربك
Pena
القلم
Yang telah menciptakan
خلق
Yang belum diketahui
لم يعلم
Manusia
الإنسان


Dari segumpal darah
من علق


  1. ASBABUN NUZUL
Disebutkan dalam hadits-hadits shahih, bahwa Nabi SAW mendatangi gua hira’ (hira’ adalah nama gunung di Makkah) untuk tujuan beribadah selama beberapa hari, beliau kembal kepada istrinya, Siti Khadijah untuk mengambil bekal secukupnya. Hingga pada suatu hari di dalam gua, beliau dikejutkan oleh kedatangan malaikat membawa wahyu Illahi. Malaikat berkata kepadanya : “Bacalah!” beliau menjawab “Saya tidak bisa membaca”. Perawai mengatakan bahwa untuk kedua kalinya malaikat memegang nabi dan mengguncangkan badannya hingga nabi kepayahan, dan setelah itu dilepaskan. Malaikat berkata lagi kepadanya “Bacalah!” Nabi menjawab “Saya tidak bisa membaca”. Perawi mengatakan, bahwa untuk ketiga kalinya malaikat memegang nabi dan mengguncangkannya hingga beliau kepayahan. Setelah itu barulah nabi mengucapkan apa yang diucapkan oleh malaikat, yaitu surat Al-Alaq 1-5.
Para perawi hadits mengatakan bahwa Nabi SAW kembali ke rumah Khadijah dalam keadaan gemetar seraya mengatakan, “Selimuti aku, selimutilah aku!” kemudian Khadijah menyelimuti beliau hingga rasa takut beliau pun hilang. Setelah itu beliau menceritakan semuanya kepada Khadijah, kemudian Khadijah mengajak beliau menemui Waraqah Ibnu Naufal Ibnu ‘Abdi ‘I-Uzza (anak paman Khadijah), berdasarkan hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa permulaan surat ini merupakan awal ayat-ayat Al-Qur’an diturunkan dan merupakan rahmat Allah pertama yang diturunkan kepada hamba-hamba-Nya, serta kitab pertama ditujukan keapada Rasulullah SAW.

  1. TAFSIR AYAT
1.      (Bacalah) maksudnya mulailah membaca dan memulainya (dengan menyebut nama Rabbmu yang menciptakan) semua makhluk.
2.      (Dia telah menciptakan manusia) atau jenis manusia (dari 'alaq) lafal 'Alaq bentuk jamak dari lafal 'Alaqah, artinya segumpal darah yang kental.
3.      (Bacalah) lafal ayat ini mengukuhkan makna lafal pertama yang sama (dan Rabbmulah Yang Paling Pemurah) artinya tiada seorang pun yang dapat menandingi kemurahan-Nya. Lafal ayat ini sebagai Haal dari Dhamir yang terkandung di dalam lafal Iqra'.
4.      (Yang mengajar) manusia menulis (dengan qalam) orang pertama yang menulis dengan memakai qalam atau pena ialah Nabi Idris a.s.
5.      (Dia mengajarkan kepada manusia) atau jenis manusia (apa yang tidak diketahuinya) yaitu sebelum Dia mengajarkan kepadanya hidayah, menulis dan berkreasi serta hal-hal lainnya.

  1. HIKMAH AYAT / KESIMPULAN
Setelah kita mempelajari dan memahami isi dari surat al-alaq ayat 1-5 kita dapat mengetahui bahwa dengan ayat ini menyatakan bahwa manusia dijadikan dari segumpal darah atau menurut pendapat lain al alaq sesuatu yang melekat dengan ayat ini terbuktilah tentang tingginya nilai membaca, menulis dan berilmu pengetahuan. andai kata tidak karna kalam niscaya tidak ada banyak ilmu pengetahuan yang tidak terpelihara dengan baik. Banyak pengertian yang tidak tercatat dan banyak ajaran agam yang hilang. Pengetahuan orang dulu tidak di kenal oleh orang oarng sekarang baik ilmu seni dan penemuan-penemuan mereka. Ayat ini juga menjadikan bukti kekuasaan allah yang menjadikan manusia dari benda mati yang tidak berbentuk dan berupa dapat di jadikan allah menjadi manusia yang sangat berguna dengan mengajarinya pandai membaca dan menulis. 


DAFTAR PUSTAKA
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al Misbah  vol, xv, Jakarta: lentera hati


No comments:

Post a Comment